Written By Rian Fauzi on Sabtu, 25 April 2015 | 13.36

Kali ini saya akan sharing tentang masalah yang saya dapatkan pada beberapa hari ini. Masalahnya yaitu pada layar laptop saya terlalu terang dan saat saya mencoba untuk mengurangi kecerahan dengan cara menekan tombol Fn + F5 (mengurangi kecerahan) ternyata tidak berfungsi, saya mencoba alternatif lainnya dengan cara manual yaitu masuk ke setting tetap tidak bisa seperti gambar dibawah ini :
namun ternyata setelah saya coba manual ternyata masih tidak bisa mengurangi kecerahaan dilayar laptoop saya.

Akhirnya saya menemukan cara yang jitu!! HOREEEEEE!!!!! (Scream)

inilah langkah - langkahnya :

1. masuk ke explore atau dengan menekan tombol windows + E
2. Klik kanan pada “This PC”
3. Pilih “Manage” seperti gambar dibawah ini

4.  Setelah masuk ke "Manage" lalu klik "Device manager" >> dan klik "display adapter"
disini saya menggunakan dua display adapter yaitu "intel HD Grafics Familly" dan "NVIDIA Geforce GT740M". #catatan setiap merek laptop berbeda beda display adapternya.

5. Klik kanan pada salah satu display adapter lalu pilih "properties"
6. Klik "Roll back driver"

7. Setelah proses roll back driver selesai, komputer akan meminta anda untuk merestrart, silahkan anda restart dan silahkan anda coba untuk mengurangi dan menambah kontras atau brightnes pada laptop anda dengan menekan tombol Fn + lambang kontras pada keyboard anda dilaptop saya menggunakan f5 dan f6.

jika berhasil jangan lupa untuk "update driver" tersebut agar menambah performa grafik display anda.

jika tidak berhasil silahkan lakukan langkah diatas tersebut pada "display adapter" yang lainnya (jika memiliki lebih dari satu display adapter)

sejauh ini saya baru roll back driver satu kali pada display adapter intel HD Grafics Familly dan berhasiiiiiilllll!!! horeeeeeeeee *_*

semoga bermanfaat ^_^

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Cara mengatasi brightnes (kecerahan) pada laptop / tombol FN tidak berfungsi. Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari .
feedburner

32 Komentar untuk "Cara mengatasi brightnes (kecerahan) pada laptop / tombol FN tidak berfungsi"

  1. bisaa :) finally setelah update, disable, enable dll akhirnya bisaaaa thankyou so much !

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://tutorplusplus.blogspot.co.id/2016/06/8-cara-ampuh-mengatasi-brightness-tidak.html

      Hapus
  2. Roll back driver ny kok g bsa d klik y gan.... Itu caranya gmn hiks

    BalasHapus
  3. Roll back driver ny kok g bsa d klik y gan.... Itu caranya gmn hiks

    BalasHapus
  4. Roll back driver ny kok g bsa d klik y gan.... Itu caranya gmn hiks

    BalasHapus
  5. Bantuan buat link driver usb 3 Samsung donk, sama driver fnnya, ga kena2 :(

    BalasHapus
  6. Bantuan buat link driver usb 3 Samsung donk, sama driver fnnya, ga kena2 :(

    BalasHapus
  7. roll back driver Saya juga ga bisa di click,laptop Saya ASUS

    BalasHapus
  8. lebay bgt yg kaya beginian d masukin google

    BalasHapus
  9. mantep dah.. yang ini baru work thx banget gan

    BalasHapus
  10. roll back driver saya gak bisa di klik gimana dong, plase bantu saya mata sakit nih liat laptop terang banget

    BalasHapus
  11. yang punya saya tidak bisa ke Roll Back Driver,jadi gimana?

    BalasHapus
  12. mantap gan , makasih banyak infonya,,

    BalasHapus
  13. Bisa sih diredupin.. Tapi setelah di roll back driver nya kok nggak bisa di bright ya?? Jadinya redup terus.. Solusi dong.. Please..

    BalasHapus
  14. Baru ngerasain brightness laptop ga bisa atur, alhamdulillah coba artikel ini langsung bisa

    Terima kasiiihhhh

    BalasHapus
  15. Mantap banget gan, trima ksih bnyk

    BalasHapus
  16. Minta masukan dong sya sudah mencoba cara di atas pas nyampe rock back driver ga bisa di klik ?
    Gmana caranya ituuu ap ad yg ikut ke buang pas delete file lain ap gmnaa yah

    BalasHapus
  17. Terima kasih artikelnyaaaa >.< Alhamdulillah tombol lampunyanya sudah bisa digunakan lagi >.<

    BalasHapus
  18. role back driver saya gak bisa di klik min tolong balas

    BalasHapus
  19. pnya ku jga gak bsa diklik

    BalasHapus
  20. Makasih solusinya broh, gua berhasil nih wkwk

    BalasHapus

. © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger